Pendatang Baru Mendominasi Pileg Minahasa Utara

by -211 Views

Minut, fajarmanado.co.id-Rekapitulasi sedang dilakukan berjenjang tapi sederet kandidat disimpulkan melenggang ke Gedung Tumatenden.

Dari rangkuman data C1 terlihat sebagian incumbent tidak mendominasi, namun Para pendatang baru mendominasi kemenangan.  PDI Perjuangan (PDIP) terinformasi berhasil menambah kursi. Sedangkan dua slot pimpinan dewan jadi rebutan tiga partai, Gerindra, Demokrat dan Golkar, dan NasDem paling bawah, sedangkan Hanura dan PBB hampir dipastikan kehilangan tempat di DPRD Minut.

Untuk Dapil Kecamatan Airmadidi dan Kalawat, tiga incumbent Novi Paulus dan Denny Lolong dari PDI Perjuangan meraih suara signifikan,  Stendy Rondonuwu dari Partai Demokrat yang mengantongi 3.200an suara, Yoseph Dengah dari Golkar ikut serta  memenangkan pertarungan.

Peluang bagi pendatang baru Estrella Tacoh memimpin di line up Partai Golkar. Sedangkan Nontje Maramis dari PDIP melengkapi kursi ketiga banteng moncong putih. Ricky Lumentut mengamankan satu tempat milik Gerindra yang sebelumnya gagal pada periode lalu. Terakhir, fikut Toar Pungus menjadi satu-satunya perwakilan Partai NasDem yang kans terpilih.

Baca juga:  Dipimpin Glady V Kandouw, DPRD Minahasa, Gelar Rapat Paripurna LKPJ Kepala Daerah Tahun 2023

Sementara untuk Dapil Kecamatan Dimembe, Talawaan dan Likupang Selatan (Liksel), dua incumbent PDIP, Vonny Rumimpunu dan Yodi Longdong memuncaki perolehan suara. Cynthia Erkles dari Gerindra dan Edwin Nelwan di Golkar menjadi duet ketua partai yang kembali mengunci slot legislator Bumi Tumatenden.

Adapun Sisa kursi dimenangkan Norma Tulenan pendatang baru yang sukses meraup lebih dari 3 ribu suara, tempat keempat milik PDIP diamankan mantan Anggota DPRD Minut

Di lain hal Decky Wagey, Meski Aldo  keduanya berpeluang terjadi bila ada PSU yang digelar di banyak TPS. Ronald Kaawoan dari PSI dan Gaja Kululu yang diusung Demokrat  pendatang baru.

Kemudian Dapil Kecamatan Wori, Likupang Timur dan Likupang Barat, hampir semua incumbent tidak terakomodir,  Gerrit Luntungan yang diibaratkan lolos mendampingi mendampingi Didik Susanto, peraih suara terbanyak PDIP .

Baca juga:  Polda Sulut Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan di Benteng Moraya Tondano

Arnaldo Kamagi merajai pertarungan. Raihannya mengantarkan Jantje Padang melengkapi daftar caleg peraih kursi. Sementara slot lain disegel PKB melalui Roy Pitoy. Kesuksesan turut dilengkapi dua mantan hukum tua, Richardno Tatuil yang mengamankan kursi Golkar. Serta Hanny Koloay dari Demokrat.

Untuk Dapil Kauditan-Kema, formasi peraih kursi juga didominasi penantang. Roly Rorong bersama Masye Dondokambey menjadi duet pemenang pertarungan internal. Dua kursi partai berlambang banteng kans diamankan.Incumbent Paultje Sundah dari Golkar dan Anthony Pusung bersama Perindo.

Ifonda Nusah dari Gerindra dan Rimalda Tiloli dari Demokrat, menambah daftar srikandi yang ke Gedung Tumatenden. Meskipun peluang masih terbuka bagi PKB yang meyakini mampu menyegel kursi keenam di dapil ini.

Baca juga:  Pemdes Lemoh Barat Terima Kunjungan Sosialisasi Praktek Lapangan Poltekkes Manado

Kadiv SDM dan Parmas KPU Minut Risky Pogaga mengatakan, rekapitulasi suara masih berlangsung di tingkatan kecamatan. Dia memprediksi, proses bisa selesai hingga penetapan pemenang awal bulan depan. “Sesuai aturan, target kita 20 hari setelah pencoblosan. Tapi kita harapkan bisa lebih cepat,” tuturnya.**