Ketua TP PKK Kota Tomohon, Imbau Orangtua Untuk Waspada,Kasus Pencabulan Merebak,

by -94 Views

FAJARMANADO.CO.ID    – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Tomohon, drg. Jeand’arc Florentia Karundeng, (JFK) yang juga merupakan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Tomohon, memberikan tanggapan terkait maraknya kasus pencabulan yang terjadi di wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut). Dalam pernyataannya, bunda JFK mengimbau kepada para orangtua agar lebih waspada dan terus mengawasi anak-anak mereka.

“Kami sangat prihatin dengan adanya kasus pencabulan yang terjadi di wilayah kita. Ini adalah masalah serius yang memerlukan perhatian dan tindakan cepat dari semua pihak, terutama orangtua,” ujar drg. Jeand’arc dalam sebuah wawancara demgan sejumlah awak media belum lama ini di Hotel Wise, akhir pekan kemarin.
Lebih lanjut, drg. Jeand’arc menekankan pentingnya peran orangtua dalam melindungi anak-anak mereka dari segala bentuk ancaman dan kekerasan seksual. Menurutnya, pengawasan yang ketat dan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak adalah kunci untuk mencegah terjadinya kasus-kasus tersebut.

Baca juga:  Tomohon Expo Ramaikan TIFF 2023

“Orangtua harus lebih aktif dalam mengawasi kegiatan anak-anak mereka, baik di rumah maupun di lingkungan sekitar. Pastikan anak-anak kita selalu berada dalam pengawasan dan ajarkan mereka tentang batasan-batasan yang harus dijaga, serta bahaya yang mungkin mereka hadapi,” tambahnya.

Selain itu, drg. Jeand’arc juga mengajak masyarakat untuk tidak ragu melaporkan setiap tindakan mencurigakan atau kasus kekerasan yang mereka ketahui kepada pihak berwenang. Hal ini penting agar tindakan cepat dan tepat bisa diambil untuk melindungi anak-anak dari pelaku kejahatan seksual.

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu dalam memerangi kasus pencabulan. Jika ada yang melihat atau mengetahui tindakan yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” tegasnya.

Baca juga:  5 Kelurahan dan 5 Kecamatan Kota Tomohon Dapat  Penghargaan Sadar Hukum dari Kemenkumham RI

Sebagai Bunda PAUD, drg. Jeand’arc juga menyampaikan bahwa pendidikan tentang perlindungan diri bagi anak-anak akan terus ditingkatkan, baik melalui lembaga pendidikan formal maupun non-formal. Edukasi tentang hak-hak anak dan cara melindungi diri dari bahaya pencabulan akan menjadi salah satu fokus utama dalam program-program yang dijalankan oleh TP PKK Kota Tomohon.

“Melalui pendidikan yang tepat, kita bisa membekali anak-anak dengan pengetahuan dan keberanian untuk melindungi diri mereka sendiri. Kami akan terus berupaya memberikan sosialisasi dan pendidikan yang komprehensif terkait hal ini,” pungkasnya.

Pernyataan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam menjaga dan melindungi anak-anak dari ancaman pencabulan yang semakin marak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *