Prestasi Kembali di Ukir Pemerintahan Kota Tomohon ke 11 Kali Meraih WTP

by -268 Views

FAJARMANADO.CO.ID. –  Prestasi prestisius kembali ditorehkan Pemerintah Kota Tomohon untuk yang kesebelas (ke-11) kalinya atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tomohon Tahun Anggaran (TA) 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

Ya, pemerintahan yang dinakhodai Caroll Senduk SH sebagai wali kota sukses menyabet opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulut yang diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK Arief Fadillah kepada Walikota Caroll Senduk SH, di gedung kantor BPK Provinsi Sulut di Manado, pada Rabu (8/5/2024).

Kepala Perwakilan BPK Sulut Arief Fadillah
mengatakan bahwa opini WTP yang diraih oleh pemerintah Kota Tomohon menunjukkan komitmen pemerintah daerah beserta jajarannya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan.

Baca juga:  Herol Kaawoaan Ingatkan Soal Dana Desa

“Capaian ini tentunya tidak terlepas dari sinergi yang efektif dari seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD dalam pelaksanaan fungsi pengawasan,” sebut Arief Fadillah.

Sementara itu, Walikota Caroll Senduk menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sulut yang telah memberikan penilaian atas LHP LKPD 2023. Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kembali diraih Kota Tomohon kali ini diterima untuk yang kesebelas kali secara berturut-turut ini sebagai bentuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, akuntabel dan melayani terutama dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran serta keuangan daerah.

“Atas nama pemerintah daerah kota Tomohon kami mengucapkan terima kasih atas hasil penilaian BPK RI Perwakilan Sulut. Ini merupakan WTP kesebelas kali secara berturut- turut yang diraih Kota Tomohon,” kata Walikota pilihan rakyat Tomohon itu usai kegiatan.

Baca juga:  Mewakili Danramil 1302-01, Serka Zainudin Hadiri Safari Ramadhan Pemkab Minahasa

Walikota Caroll juga mengapresiasi kerjasama, sinergi dan kesungguhan antara eksekutif dan legislatif dalam mewujudkan anggaran yang baik, akuntabel dan transparan. Selain itu, walikota juga berterima kasih pada segenap jajaran Pemkot Tomohon.

“Terima kasih kepada BPK yang telah menyerahkan LHP LKPD tahun 2023. Puji Tuhan, dari LHP yang diserahkan, kami kembali meraih opini WTP,” ucap Caroll Senduk.

Sembari ia menyebutkan kunci sukses dalam meraih opini WTP adalah komitmen dari kepala daerah, pimpinan lembaga legislatif, pimpinan OPD dan jajaran, serta dukungan masyarakat.

Diketahui dari hasil resume pemeriksaan BPK, jumlah temuan yakni 13 temuan dan 24 rekomendasi. Sedangkan jumlah koreksi sebanyak 61 jurnal koreksi dan untuk tindak lajut hasil pemeriksaan capai 74, 73 persen.

 

 

Sebagai informasi hadir mendampingi Walikota Tomohon, Ketua DPRD Tomohon, Jemmy Sundah, Sekdakot Tomohon, Edwin Roring, Kepala Inspektorat, Jeane Bolang, Kaban Keuangan Gerardus Mogi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *