Tarian Kabasaran Kota Tomohon Tampil Unik di Karnaval Budaya Nusantara APEKSI

by -57 Views

FAJARMANADO.CO.ID  –  Karnaval budaya nusantara adalah salah satu rangkaian pelaksanaan Rakernas APEKSI XVII tahun 2024, yang sangat dinanti-nantikan bukan hanya seluruh wali kota dari penjuru Tanah Air. Tetapi juga, masyarakat Kota Balikpapan yang menyaksikan kegiatan akbar tersebut dengan meliputi  Jl. Praja Bakti, alur Taman Tiga Generasi hingga BSCC Dome. Rabu (05/06/2024).

Kontingen Pemerintah Kota Tomohon yang dipimpin langsung oleh Walikota Caroll Senduk bersama Ketua TP PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng ikut menyaksikan parade budaya nusantara tersebut, dimana pemkot Tomohon sendiri tampil unik dengan tarian kabasaran suku minahasa saat melakukan parade budaya tersebut.

Keikutsertaan kontingen Pemkot Tomohon Karnaval Budaya disambut antusias oleh masyarakat dan pengunjung yang hadir.

Baca juga:  Kabag Hukum Tomohon: Pembentukan LKBH KORPRI Sementara Berproses

Ketua Rombongan Karnaval Budaya Pemkot Tomohon Edwin Roring didampingi Asisten 1 Pemkot Tomohon ODS Mandagi mengatakan pihaknya menyambut baik pelaksanaan Apeksi yang jadi ajang pertemuan seluruh pemerintah kota se-Indonesia.

“Wadah tukar pikiran, gagasan sekaligus momen untuk memperkenalkan masing-masing kebudayaan. Dari sisi melestarikan budaya tentunya, kita bisa tahu seperti apa kesenian dari Kota Bau-Bau, Madura dan masih banyak lagi. Ternyata banyak hal unik yang bisa dijumpai,” ucapnya.

Lanjutnya, penampilan Tari kabasaran benar-benar memukau. Ini memperlihatkan betapa kaya dan beragamnya budaya Indonesia.

“Semoga festival seperti ini dapat terus dilakukan untuk memperkenalkan keindahan budaya nusantara kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Sebelumnya, Walikota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud. dalam sambutan pembukaan Karnaval Budaya Nusantara tersebut mengatakan ini merupakan rangkaian dari Rakernas XVII APEKSI dan menjadi momentum bagi Kota Balikpapan dalam mempromosikan dan melestarikan warisan budaya lokal.

Baca juga:  Walikota Ucapkan Selamat HUT ke 176 Rurukan,dan Sampaikan Permohonan Maaf Tidak Hadir

“Dan juga menjadi sebuah kesempatan bagi daerah masing-masing untuk menampilkan keindahan budaya Nusantara yang kaya akan keanekaragaman seni.

“Ini sebagai bentuk pelestarian budaya dan kearifan lokal, yang pada akhirnya akan mendukung upaya memperkuat identitas budaya bangsa,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *