Kumendong: Pelantikan 26 Pejabat Eselon II, III dan IV Tidak Gampang Prosesnya Panjang Ada 8 Langkah di Kementerian

by -425 Views

FAJARMANADO.CO.ID  – Setelah melewati proses panjang dan disetujui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), akhirnya Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumemdong MSi, bisa melakukan pelantikan pejabat.

Pelantikan ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Bupati oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Drs. Moudy Pangerapan, MAP.

Sebanyak 26 pejabat eseleon ll dan lll di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, secara resmi dilantik Pj Bupati Jemmy Kumendong, di Ruang Sidang Kantor Bupati, Jumat (3/5/24). Perlu diketahui, sebelumnya ada dua pejabat teras sudah menjabat di posisi saat ini, namun masih berstatus pelaksana tugas. Dan baru saat ini menjadi status definitif, pasca mendapat persetujuan dari Mendagri untuk dilantik.Pejabat eselon II tersebut yaitu Johny Tendean AP MAP sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan. dan Lona Wattie SSTP MAP dilantik sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Bupati Kumendong dalam sambutannya mengatakan bahwa proses pelantikan ini tidaklah mudah. Sebab, memiliki proses yang sangat panjang, karena dirinya adalah berstatus Penjabat Bupati.

“Prosesnya sangat panjang. Ini pun yang dilantik belum seluruhnya. Karena kalau penjabat, ada delapan langkah yang harus dilalui. Berbeda dengan definitif yang hanya tiga tahapan,” katanya.

Kemendong membeberkan bahwa sejak Bulan Desember 2023 lalu, proses pengurusan pelantikan telah dilakukan di Kemendagri. Dan pada Bulan Mei 2024, baru bisa melaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan.

Baca juga:  Penjabat Bupati Minahasa Terima Kunjungan Dewan Guru Besar UGM

“Memang sejak 22 Maret 2024, tidak boleh lagi melantik pejabat. Karena sesuai ketentuan, enam bulan menjelang pesta demokrasi, penjabat gubernur dan penjabat bupati tidak boleh melantik pejabat struktural. Namun, hal itu bisa dimungkinkan, asal ada persetujuan dari Mendagri,” bebernya.

Kumendong pun berpesan kepada pejabat yang baru diambil sumpah dan dilantik. Agar menjaga amanah yang dipercayakan pimpinan dengan baik, serta tingkatkan kinerja pada bidang masing-masing.

“Jaga jabatan ini baik-baik dengan kinerja anda. Harus tingkatkan kinerja dari sebelumnya, harus lebih baik lagi. Jaga terus koordinasi, perkuat pengetahuan dan wawasan yang menjadi tuntutan di era sekarang ini. Saya ucapkan selamat kepada semua yang baru dilantik, dan selamat bekerja,” pungkasnya.

Baca juga:  PJ.BUPATI JEMMY KUMENDONG BUKA KEGIATAN RANGKAIAN HUT MINAHASA KE- 396

Hadir dalam pelantikan ini, Sekretaris Daerah Minahasa Dr Lynda D Watania MM MSi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Riviva Maringka MSi, Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr Arody Tangkere MAP, serta jajaran pejabat Pemkab Minahasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *