Hari Lahir Pancasila Dimaknai Jajaran Pemerintah Kota Tomohon

by -159 Views

FAJARMANADO.CO.ID  Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk SH menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila, bertempat di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, Sabtu 1 Juni 2024.

Wali Kota CS mengatakan, 1 Juni 2024 kita memperingati hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, sebagai Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan atau BPUPK.

Peringatan di tahun ini yang bertemakan ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’, sebut Wali Kota CS, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa.

“Semangat itulah yang harus terus kita jaga dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ucap Wali Kota CS mengutip sambutan tertulis Kepala BadanIndonesi Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Baca juga:  JUMAT AGUNG DI AWALI JALAN SALIB DAN IBADAH DI GEREJA KERAHIMAN PAROKI ROH KUDUS TOMOHON MATANI

Lanjutnya, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia.

“Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada

merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” tandasnya.

Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, perwakilan Forkopimda, Jajaran Kepala Perangkat Daerah, ASN dan Tenaga Kontrak di lingkup Pemerintah Kota Tomohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *