Dirut Adrian Boy Ngenget.SE : Pembangunan Insfrastruktur dan Perbaikan Pipa Demi Peningkatan Pelayanan Air Bersih 

by -421 Views

FAJARMANADO.CO.IDKomitmen Pemerintah Daerah Kota Tomohon untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada masyarakat melalui Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon terus dimatangkan.

Direktur utama (Dirut) PDAM Kota Tomohon Adrian Boy Ngenget mengatakan salah satu upaya pemenuhan pelayanan air bersih kepada masyarakat ini ditunjang dengan pembangunan insfrastruktur penyedia layanan air bersih. 3/4/2024

Kata Adrian Ngenget, anggaran pembangunan infrastruktur dan pelayanan air bersih yang dikerjakan salah satunya dengan pemanfaatan dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional).

Adapun pemanfaatan Dana PEN kaitan dengan Infrastruktur dan Pelayanan Air Bersih yang dikerjakan terbagi di beberapa lokasi, meliputi :

Baca juga:  MANTAPKAN MUSREMBANG, JEMMY RINGKUANGAN MINTA PERAN AKTIF TOKOH MASYARAKAT, DELEGASI SETIAP KECAMATAN.

1. Tomohon Tengah
– Penggantian jaringan pipa lama yang sudah berkarat, keropos dan rusak sehingga tingkat kebocoran air menjadi sangat berkurang.
– Penggantian 9 mesin pompa baru di Instalasi Sineleyan sehinggga tekanan air menjadi lebih kuat pada pelanggan-pelanggan bahkan sampai ke Tomohon Barat (Woloan) dan Tomohon Selatan (Tumatangtang) dan lebih effisiensi biaya listrik bagi PDAM.

Baca juga:  Poltekpar Bali Pilih Tomohon Tempat Pelaksanaan Pelatihan Manajemen Event

2. Tomohon Timur.
– Penggantian jaringan pipa lama yang sudah berkarat, keropos dan rusak sehingga tingkat kebocoran air menjadi sangat berkurang.
– Pembangunan Bak SPL di SPAM Ranonekutu Rurukan, sehingga ketika musim hujan, air pada pelanggan tidak becek/kotor.

Baca juga:  Walikota CS Hadiri Perayaan Syukur 25 Tahun Imamat Pastor Antonius Aloysius Talangi,PR

3. Tomohon Utara
– Pembangunan jaringan pipa lingkar Timur.

Selain itu, Kata Adrian Ngenget, tahun ini akan difungsikan dengan menambah produksi air melalui optimalisasi pembangunan SPAM Mahlimbukar yang saat ini sementara dikerjakan dengan nilai 6 Milyar oleh Balai Wilayah Sungai kementerian PUPR.

“Kemudian dari jaringan pipa ini akan dilanjutkan pembangunan jaringan pipa baru terhubung ke 4 kecamatan dan pemasangan sambungan baru gratis pada 1.500 pelanggan dengan nilai anggaran sekitar 20 milyar oleh BPPW Dirjen Cipta Karya kementerian PUPR di tahun ini,” pungkas Dirut PDAM Kota Tomohon itu.