Pendapatan PD Pasar Beriman Tomohon Naik Lebih dari 100%

by -124 Views

FAJARMANADO.CO.ID – Pencapaian pendapatan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Beriman Kota Tomohon sejak tahun 2022, 2023 mulai membaik. Bahkan naik beberapa kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PD Pasar Tomohon Yanes M Possumah STh, didampingi oleh Kepala Badan Pengawas PD Pasar Beriman, Noldi Senduk dan Direktur Operasional PD Pasar Beriman Anye Guillermo, Kamis (28/3/2024) dalam Konferensi Pers yang difasilitasi oleh Bagian Prokopim Setdakot Tomohon.

Lanjunya, untuk pendapatan pada tahun 2024 ini, dirinya mengakui sedikit mengalami penurunan. Tapi, dibandingkan dengan tahun 2022 dan 2023 capaian  pendapatan retribusi mengalami kenaikan yang luar biasa.

“Penurunan pendapatan pada tahun 2024 ini kami melihat ada penurunan. Karena, kenaikan harga sangat mempengaruhi keadaan pasar. Sementara kondisi pasar sangat berpengaruhi kepada para pedagang. Jadi, ada banyak pedagang tidak membayar dan tidak menjual. Namun, ada pedagang yang mengeluh kenapa lapak tidak dibuka harus tetap membayar retribusinya? Jawab dia, semua itu sudah berdasarkan perda dan berdasarkan aturan. Untuk itu pedagang yang tidak membuka lapaknya tetap harus membayar retribusi,” ucapnya.

Baca juga:  Walikota Caroll Senduk Melayat ke Rumduk Atas Meninggalnya Alm. Bapak Arie Ventje Supit

Dikatakannya, pendapatan perbulan ditahun 2021 untuk pendapatan khusus retribusi harian yang di akumulasi setiap bulan tembus Rp190 juta per bulan. Ketika kami masuk pendapatan naik sekira Rp260 juta per bulan.

“Dengan masuknya Mitra Kasih Perkasa (MKP) dan sistem digital yang dijalankan menjadi Rp340 juta per bulan. Dan capaiannya mengalami kenaikan pada tahun 2022 dan 2023. Tetapi, kenaikan yang ada itu dibarengi dengan fasilitasi yang sekarang ini banyak yang rusak. Sehingga banyak pengeluaran keuangan untuk melakukan rehab pada tempat-tempat yang mengalami kerusakan untuk segera diperbaiki. Mudah-mudahan program dari Kementerian Perindag untuk revitalisasi pasar menjadi dua lantai bisa terealisasi pada tahun depan,” pungkas Direktur Utama PD Pasar Tomohon Yanes M Possumah STh.