Drs ODS Mandagi,MAP Membuka Bimbingan Teknis Operator Kota Layak Anak 2024

by -742 Views

FAJARMANADO.CO.IDWalikota Caroll Senduk.SH yang diwakili oleh Assisten Pemerintahan dan Kesra Drs ODS Mandagi MAP membuka Bimbingan Teknis Operator Kota Layak anak di ruang rapat Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ,Rabu 27 Maret 2024.


Sambutan Walikota Tomohon Caroll J A Senduk,SH yang dibacakan Assisten 1 Pemerintahan dan Kesra Drs.ODS Mandagi MAP :Bimbingan teknis operatorpenginputan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2024.


Dalam Upaya Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak telah meratifikasi Konvensi Hak Anak melalui Keputusan Presiden RI Nomor 36 Tahun 1990 dan telah menetapkan Undang-undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. UU No 23 Thn 2014 tentang Pemerintah Daerah menetapkan bahwa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak merupakan salah satu Urusan “WAJIB” Non PelayananDasar.

Baca juga:  Malam Keakraban,CSWL Pimpin TOATS Kenegaraan HUT RI ke 78


Dan Kota Tomohon telah menerbitkan Perda No 1Tahun 2020 Tentang Kota Layak Anak Pemerintah Kota Tomohon berkomitmen
Pemenuhan Hak Anak yang ada di Kota Tomohon melalui untuk berbagai upaya baik program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah menyangkut Hak anak dan Perlindungan Anak, Kreativitas Anak diharapkan
Peserta bimtek dapat berkoordinasi dalam meny iapkan data data dan menginput dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan disiapkan untuk mencapai hasil yang baik agar evaluasi pencapaian indikator kota layak anak dapat terpenuhi dengan lebih baik dan efisien supaya Kota Tomohon menjadi Kota Layak Anak.


Untuk itu diharapkan Peserta bimtek KLA (Kota Layak Anak) dapat bekerjasama dalam penginputan yang terkait pada 21 indikator dengan 5 Klaster melalui Website KLA. Kota Tomohon telah telah tiga kali menerima penghargaan Predikat Kota Layak Anak TingkatPRATAMA, dan pada tahun 2022 dan tahun 2023 mendapatkan Predikat NINDYA. Tentunya ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan yang berhasil kita capai, dan harapan kita bersama untuk dapat mencapai predikat yang lebih tinggi.Melalui bimtek operator penginputan Kla ini Walikota mengajak kita bersama-sama untuk memberikankontribusi positif melalui penyiapan data dan dokumenyang akan di input Kita berkomitmen indikator-indikator KLA tersebut tidak berhenti menjadi sederet check-list evaluasi KLA,tetapi dapat menjadi bagian dari kehidupan keseharian masyarakat Kota Tomohon.

Baca juga:  Pendapatan PD Pasar Beriman Tomohon Naik Lebih dari 100%

Akhimya dengan semboyan Motto Kota Layak Anak Kota Tomohon RARA’ATEANTA WIA SEOKI KASIH SAYANG KITA TERHADAP ANAK ANAK ,Kita sukseskan Tomohon menjadi KOTA LAYAK.

Dihadiri Kepala Dinas dr.Olga Karinda MKes  Sekretaris Gladys Paat , Kabid Frangky Tangkawarou ,30 orang Peserta Bimbingan Teknis Operator.