Pemkot Tomohon Redam Lonjakan Harga Pangan, Minta Pedagang Jangan Naikan Harga Sepihak Jelang Idul Fitri dan Paskah 2024

by -70 Views

FAJARMANADO.CO.ID  – Pemerintah Daerah Kota Tomohon melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Distaperindag) bersama TPID terus memantau kondisi pasar dan ritel di masa Bulan Puasa menjelang HBKN Idul Fitri bagi umat muslim, dan Perayaan Paskah bagi umat Kristen.

Hal ini ditegaskan oleh Kadisperindag Daerah Tomohon Ruddy Lengkong, Jumat (15/3/2024) kepada awak media

Dijelaskan Lengkong, berdasarkan pantauan, harga-harga bahan pokok cukup terkendali.

“Sekalipun memang ada beberapa komoditas yang sudah mengalami kenaikan harga pada beberapa waktu yang lalu, seperti beras, gula, minyak, dan telur,” ujarnya.

Lanjutnya, Pemkot Tomohon juga telah melakukan beberapa langkah strategis antara lain gerakan pasar murah untuk komoditas beras, minyak dan gula dalam koordinasi dengan TPID.

Baca juga:  Walikota Tomohon Caroll Senduk SH di dampingi Ketua TP-PKK drg Jeand'arc Senduk- Karundeng Melayat ke Rumduk  Atas Meninggalnya Alm. Karel Lukas Siwi

“Khusus untuk komoditas beras dalam rangka menjaga pasokan untuk ketersediaan stok dan stabilitas harga, maka telah dilakukan Kerjasama Antar Daerah (KAD) Business to Business (B to B) antara Pedagang Kota Tomohon dengan Petani/Pemasok dari Kabupaten Bolaang Mongondow sebagai bentuk sinergitas Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu yang di fasilitasi oleh pihak BI Perwakilan Sulut,” bebernya.