Wow… Kelurahan  Kakaskasen Dua Kampung Wisata Tersertifikasi CHSE Nasional

by -272 Views

Fajarmanado.co.id  – Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, kian mentereng di jagad pariwisata nasional. Pasalnya, daerah yang sering melaksanakan iven internasional ini mendapat pengakuan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI/ Deputi Bidang Industri dan Investasi, melalui sertifikasi CHSE Nasional tahun 2023 atas kampung Wisata Kakaskasen Dua.

Hal tersebut disampaikan melalui surat informasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tertanggal 19 desember 2023 dengan nomor B/SD/116/II.00/D.4.2/2023.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, melalui Kepala Dinas Pariwisata Judhistira Siwu mengatakan Kota Tomohon mendapatkan kabar gembira dari kemenparEkraf yaitu hasil sertifikasi SNI CHSE bagi desa wisata pemenang ADWI kategori kelembagaan desa wisata dan CHSE tahun 2023 kepada desa wisata kakaskasen dua.

Baca juga:  Pemerintah Kota Tomohon, MoU Dengan LPK Tsunagu Japan Indonesia dan JGEC

Dirinya menyampaikan, hanya lima (5) daerah di Indonesia yang menerima sertifikasi CHSE Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Karena, Desa/Kampung Wisata yang tersertifikasi CHSE mengangkat kredibilitas dan kapasitas daerah tujuan wisata.

“Melalui sertifikasi CHSE ini, turut meningkatkan kepercayaan calon wisatawan saat berwisata ke Kota Tomohon. Ini merupakan akselerasi Wali Kota Caroll Senduk dalam mencapai misi menjadikan Tomohon Sebagai Kota Wisata Dunia,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, ini menjadi kebanggaan warga masyarakat dan suatu kelebihan bagi Kota Tomohon didunia pariwisata untuk menjadi salah satu kunjungan pariwisata di Sulawesi utara bahkan Nasional.

Untuk diketahui, Lembaga Sertifikasi (LSPr) Usaha Pariwisata telah melakukan
audit secara sampling yang mengacu pada dokumen Komite Akreditasi Nasional KAN K08.07 Rev. 01 dan telah menyatakan lulus sertifikasi sehingga berhasil memperolah status Desa
Wisata Tersertifikasi SNI CHSE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *