WALIKOTA CAROLL SENDUK ,SH TUTUP TRC TOMOHON

by -58 Views

Fajarmanado.co.id. –  Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH secara resmi menutup Sosialisasi dan Bimtek Pengembangan Kapasitas TRC-PB (Tim Reaksi Cepat) Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat di Kota Tomohon, Selasa(5/12/2023) di Grand Megfra Hall Tomohon.

 

Walikota Caroll menyatakan harapannya terhadap pelatihan atau bimtek ini,semoga memberikan hasil maksimal bagi para peserta, hingga mampu menjadi pilar pencegahan dalam masyarakat terutama bencana sosial.

Sementara, Ketua TP – PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk – Karundeng ikut menjelaskan keberadaan Katana (Keluarga Tangguh Bencana), yakni keluarga harus memiliki pengetahuan tentang ancaman, serta cara untuk menghindari dan mencegahnya, sebab Tomohon dikenal sebagai daerah rawan bencana.

Saat diwawancarai awak media Kalaksa BPBD Hengkie Supit,SIP selaku pelaksana kegiatan menjelaskan “Jadi kegiatan ini bagian dari upaya pemerintah untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan kesiapsiagaan dan pencegahan terhadap bencana pelatihan untuk penguatan peningkatan kapasitas imigrasi cepat berbasis masyarakat ini kita libatkan seluruh Kelurahan sehingga nanti jika terjadi bencana paling tidak masyarakat sudah teredukasi dan masyarakat dapat memberikan informasi akurat kepada BPBD. Salah satu tugas adalah pemberian informasi yang cepat kepada pemerintah dan instansi terkait. Terkait dengan kebencanaan, kita sudah berikan kotak dan sopnya ada lewat komunikasi WA grup. Melihat perkiraan cuaca BMKG,saat ini kita mulai masuk dalam cuaca ekstrem,untuk itu di kota Tomohon perlu pembentukan posko dan bekerja sama dengan pihak kepolisian juga instansi terkait lainnya. Pembentukan posko tim gabungan akan dimulai pada minggu depan. Seperti yang kita tau bersama bahwa bencana paling rawan di Kota Tomohon yaitu resiko tinggi letusan gunung untuk itu diharapkan kesiapan oleh seluruh elemen masyarakat untuk dapat menghadapinya ,jikalau bencana itu terjadi.

Baca juga:  Jelang Pemilu Dilaksanakan Penyuluhan Hukum Serentak Netralitas Pemerintah

Turut hadir perwakilan BPBD Provinsi Sulut Denny Repi,SIK dan peserta yang merupakan perutusan dari tiap lingkungan se Kota Tomohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *