Sekda Minahasa Melakukan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Dan Kelembagaan Desa

by -75 Views

KAWANGKOAN, fajarmanado.co.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Dr Lynda Watania MM MSi, melakukan sosialisasi peningkatan Kapasitas perangkat desa dan kelembagaan desa kecamatan Kawangkoan Barat , di Kantor Hukumtua Desa Kayuuwi , Selasa (01/12/2023).

Menurut Watania hal utama yang harus diperhatikan adalah Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Dia juga meminta agar berhati-hati dalam menjalankan tugas dan kewajiban jika sikap kita tidak mencerminkan hal yang benar.

Sebagai Hukum Tua dan Perangkat Desa harus mampu meningkatkan kapasitas.

” Kita harus memiliki kecerdasan emosional. Hal ini bertujuan untuk mengatur emosi kita agar tidak mudah terprovokasi dalam menjalankan tugas,” ujarnya.

Lanjutnya, semua urusan sejak lahir hingga mati menjadi tugas dan kewajiban Hukum Tua dan Perangkat Desa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kemampuan untuk mengayomi masyarakat merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari tugas kita agar masyarakat bisa bekerja sama dengan kita.

Baca juga:  Pemdes Kiawa 2 Barat Salurkan BLT Tahap Akhir Di Tahun 2023

Kita akan menghadapi sikap dan perilaku dan karakter masyarakat yang berbeda-beda. Sehingga butuh peningkatakan kapasitas sebagai pelayanan masyarakat ,”

Selain itu Dia juga meminta kepada perangkat desa untuk bekerja secara profesional berdasarkan aturan, dimana kita adalah wakil pemerintah.

Fungsi pemerintah adalah pelayanan publik, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Fungsi pemerintah harus benar-benar dilakukan, sehingga masyarakat mendapatkan hasil dari kerja-kerja pemerintah.

” Pemerintah desa harus mampu berinovasi dalam membangun kelurahan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat ,” tuturnya.

Disisi lain, perangkat desa harus mampu memotivasi masyarakat untuk turut serta membangun kelurahan. Masyarakat harus dilibatkan secara aktif. Sehingga pemerintah kelurahan dan perangkat harus berpikir obyektif dalam memberdayakan masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi.

Baca juga:  Sekprov Kepel Didampingi Bupati Kumendong Launching Ground Breaking AMN Manado di Kalasey Minahasa

” Partisipasi masyarakat mutlak diperlukan untuk membangun kelurahan. Banyak cara untuk melibatkan masyarakat dengan cara memberdayakan masyarakat untuk ikut secara aktif dengan memanfaatkan keahlian dan keterampilan,”

Turut hadir dan memberi Materi Camat Kawangkoan Barat Meidy Keintjem. (Rgp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *