Drs ODS Mandagi MAP Membuka Kegiatan  Monitoring Dan Evaluasi Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan 2023

by -577 Views

Fajarmanado.co.id  –  Balai Besar POM di Manado bersama Dinas Pangan Kota Tomohon melaksanakan Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan 2023,,kegiatan dilaksanakan di Villa Emita Tomohon,Rabu 15 November 2023.

Agus Yudi Prayudhana,S.Farm.Apt,M.M yang merupakan Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Manado menjelaskan bahwa pada tahun 2023 ini,B POM memilih dua daerah di Sulawesi Utara untuk dijadikan pusat Monitoring Program Keamanan Pangan yaitu Daerah Bolaang Mongondow dan Kota Tomohon.

Khusus di Kota Tomohon dipilih 9 Sekolah, 4 Desa dan 1 Pasar yang menjadi Lotus monitoring program ini.Jika saat ini dipilih 9 sekolah untuk menjalankan program pengembangan ini dengan menggunakan anggaran dari badan POM diharapkan tahun berikutnya dapat diikuti oleh sekolah-sekolah yang lain dengan anggaran yang dibebankan kepada pemerintah Kota,untuk itu sangat diharapkan peran serta dari pemerintah untuk keberhasilan program ini,ungkap Agus Prayudhana.

Baca juga:  Walikota Caroll Senduk,SH Hadiri Pesta Pelindung Paroki Roh Kudus Tomohon

 

Program Inisiasi ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan Keamanan Pangan di kota Tomohon,Karen tak dapat dipungkiri setelah melaksanakan monitoring masih adanya beberapa keamanan Pangan yang tercemar dan saat ini banyak pencemaran yang diakibatkan oleh air.

Walikota Tomohon dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assisten 1, Drs.O.D.S Mandagi,MAP mengajak para peserta dapat mengikuti kegiatan monitoring dan evaluasi ini dengan baik.Mengingat pentingnya menjaga Keamanan Pangan khususnya di Kota Tomohon.

Walikota juga mengingatkan pemeliharaan Higienitas dan Sanitasi yang buruk disekolah ikut mengkontribusi dan memperburuk keamanan Pangan Jajanan di Sekolah.Apabila anak-anak mengkonsumsi makanan yang tidak memenuhi standar keamanan Pangan akan dipastikan terkena penyakit lever atau hati yang menyebabkan Hepatitis pada usia produktif.

Baca juga:  Walikota  Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. mengikuti Rapat Zoom Dengan KPK

Kegiatan ini diharapkan dapat direplikasikan ke dalam kegiatan atau program-program yang ada dilingkungan OPD sesuai kewenangan terkait agar bisa menjadi lebih komprehensif dalam pengawasan dan penyediaan Pangan yang aman bagi masyarakat.

Hadir dalam Acara ini,Kadis Pangan Novie Kaindeh,MSi,Kadis Perdagangan Ruddie Lengkong,SSTP, Kadis Koperasi UMKM Ir.Nova Rompas ,Kadis Kesehatan dr.Jhon Lumopa ,Lurah-lurah,Kepala Sekolah,PD.Pasar KotaTomohon,Staf dan pegawai Badan POM di Manado,juga para kader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *