Puncak Peringatan HUT Ke-595 Minahasa Digelar Melalui Ibadah Syukur Diakhiri Dengan Paripurna DPRD

by -50 Views

 

Minahasa, fajarmanado.co.id – Puncak perayaan hari jadi Minahasa ke-595 tahun digelar, melalui Ibadah Syukur pada Minggu (05/11) dan Upacara Bendera diakhiri dengan rapat paripurna DPRD yang dihadiri Pj Bupati Jemmy Kumendong (06/11).

 

Hari jadi Minahasa ke 595 tahun 2023 ini berlangsung dengan kesederhanaan, namun tidak meninggalkan kesan elegan dengan berbagai kegiatan perlombaan yang melibatkan masyarakat dan jajaran pegawai pemerintah dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

 

 

Pj Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong mengatakan, bahwa segenap komponen masyarakat, bahkan seluruh warga kawanua baik yang berjuang di dalam maupun luar daerah patut disyukuri.

 

“Sebab, semangat kinaesaan dalam bingkai kasih dan persaudaraan, telah menjadi motivasi segenap tou Minahasa untuk tetap berdiri tegak, berjuang dan berkarya untuk mewujudkan Minahasa melaju semakin tangguh,” katanya.

Baca juga:  Hukumtua Desa Tumaratas Salurkan BLT- DD Kepada 21 Keluarga Penerima Manfaat

 

Kumendong menyampaikan peringati hari jadi Minahasa pada setiap tanggal 5 November dan saat ini dilaksanakan pada 6 November, telah kita sepakati bersama sebagai bagian dari refleksi sejarah dan mengandung nilai yang sangat mendasar yang diwariskan oleh pahlawan Nasional Putra Minahasa, DR G.S.S.J Ratulangi.

 

“Dengan falsafah perjuangan beliau (Si tou timou tumou tou), artinya manusia lahir untuk memanusiakan sesama manusia,” jelasnya.

 

Menurut Kumendong, mengiringi perjalanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di tanah Minahasa selang 595 tahun. Senantiasa merefleksikan beragam keberhasilan, juga mencatat sejumlah persoalan dan tantangan menjanjikan, peluang, serta harapan yang secara signifikan telah memberikan kontribusi perubahan wajah Kabupatem Minahasa.

 

Baca juga:  Awali Bulan Maret, Penjabat Bupati Minahasa Pimpin Apel Triwulan 1 2024

 

“Untuk itu, saya berharap kepada seluruh komponen masyarakat Minahasa, untuk bersama-sama menggelorakan terus semangat yang terkandung dalam gerakan nasional kerja nyata,” ujarnya.

 

 

“Semoga Tuhan yang maha kasih dan kuasa akan senantiasa menganugerahkan berkat dan rahmat bagi kita sekalian dalam berkarya guna membangun Minahasa tercinta,” sambung Kumendong.

 

 

Selanjutnya, Asisten Administrasi Umum Setprov Sulut, Dr Fransicus Manumpil membacakan sambutan tertulis gubernur, seraya menyampaikan selamat hari jadi Minahasa ke-595.

 

Hadir pula dalam paripurna, sejumlah mantan bupati dan wakil, mewakili Kapolda Sulut, mewakili Pangdam XIII Merdeka, mewakili Ketua Pengadilan Tinggi Sulut, mewakili Danlantamal VII Sulut, mewakili Danlanut Samrat Manado, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Wahyono SSos, Kepala BNN Brigjen Pol Pitra Ratulangi SIK MM dan Kepala BIN Sulut Brigjen TNI Raymond Marojanes SW MM.(rgp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *