Bapelitbang Kota Tomohon Pacu Program Program Pemerintahan CSWL

by -310 Views

Fajarmanado.co.id  Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Tomohon menerangkan tugas dan fungsinya, termasuk menyusun visi dan misi pemerintahan CSWL.

“Adapun tugas pokok dari Bapelitbang melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah,” ujar Plt Kepala Bapelitbang Kota Tomohon Inggrid Palit, pada konferensi pers yang difasilitasi Bagian Prokopim Setda Kota Tomohon, Kamis (02/11/2023).

Dia mengatakan untuk fungsi dari Bapelitbang, diantaranya perumusan kebijakan teknis di bidang perencanaan pembangunan, mengkoordinasikan penyusunan perencanaan pembangunan, pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perencanaan pembangunan daerah, serta pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai tugas dan fungsinya.

“Tahun ini ada empat program kegiatan, termasuk program rutin yang dibreakdown ke tujuh belas kegiatan pada lima bidang masing-masing sesuai tupoksi yang ada. Seseuai dengan pencapaian tahun anggaran 2023 ini, ada beberapa yang disesuaikan dengan pencapaian program pembangunan prioritas dari pemerintahan CSWL untuk kota Tomohon,” terangnya.

Baca juga:  Sertifikasi Wartawan Berlisensi BNSP dari LSP Pers Indonesia

Selain itu, lanjut Palit, Bapelitbang Tomohon juga secara rutin dan wajib harus dikerjakan yakni pembuatan dokumen perencanaan RKPD dan RKPD perubahan.

“Jadi, yang rutin setiap tahun kami kerjakaan yakni pembuatan perencanaan dokumen RKPD dan RKPD perubahan harus dibuat. Dan Siklus itu berjalan dari bulan Januari hingga Desember. Ini diberlakukan untuk satu tahunan,” tandasnya.

Ditambahkan Palit, tahun ini juga sesuai amanat dari pemerintah pusat ada dua dokumen yang sangat berpengaruh terhadap pemerintah kota Tomohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *