Direktur Utama PDAM Kota Tomohon, Boy Adrian Ngenget : Debit Air di Semua Mata Air Berkurang

by -98 Views

 FAJARNEWS.ID  –  Direktur Utama PDAM Kota Tomohon, Boy Adrian Ngenget mengakui jika memasuki masa kemarau sepanjang 3 bulan berjalan, sambil harus memutar otak dan memaksimalkan seluruh upaya untuk memenuhi dan mendistribusikan air ke para pelanggan, Selasa,5 September 2023.

Menurutnya, di masa kemarau kendala saat ini yang dialami adalah Debit air di hampir semua mata air yang dikelola PDAM berkurang. Untuk itu, strategi yang kami lakukan adalah memperbaiki dan mengoperasikan kembali Instalasi pengolahan udara (IPA) di Danau Sineleyan dan Terminal yang sudah bertahun-tahun tidak digunakan untuk menambah pasokan/produksi udara.

“Strategi berikut, kami menangkap sumber-sumber mata air baru dengan cara dilakukan pengopelan atau menyambung pipa-pipa baru ke pipa pipa PDAM yang ada, dan mengatur pembagian pelayanan air pada pelanggan, dibantu dengan supply air menggunakan mobil tangki PDAM,” terangnya pada media ini.

Baca juga:  PNNS 2023 Sukses Digelar, Utusan Tomohon Raih Predikat Nyong Dan Noni Sulut

Selanjutnya, ada pun kami menanyakan pengertian masyarakat, dan dihimbau atau saran pada masyarakat khususnya pelanggan, agar supaya menggunakan air sehemat mungkin khususnya di musim kemarau yang panjang ini.

Hal senada diungkapkan, Pemerintah Kota melalui Sekda Kota Tomohon, Ir Edwin Roring, di mana dalam menghadapi masa kemarau panjang ini, warga dapat memanfaatkan ketersediaan air dengan bijak.

“Mari kita berhemat penggunaanaan air bersih, dan dihimbau kepada kita semua agar menghindari hal-hal yang mengakibatkan kebakaran seperti penggunaan api baik di dalam rumah maupun di luar rumah, bijak dalam penggunaan air, jangan menebang pohon sembarangan dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *