Rapat Paripurna Mendengar Pidato Kenegaraan Presiden Diikuti Secara Virtual

by -95 Views

FAJARNEWS.IDWalikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, dan Wakil Walikota Wenny Lumentut SE Hadir dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Dalam Rangka HUT Ke-78 Kemerdekaan RI. Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka Mendengarkan Pidato Presiden Republik Indonesia pada Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024 Beserta Nota Keuangannya.

Diikuti secara virtual lewat Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon yang digelar di ruang sidang DPRD Kota Tomohon, dipimpin dan dibuka Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE didampingi Wakil Ketua Drs Johny Runtuwene DEA dan Erens Kereh AMKL.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pidato penyampaian keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangan di depan Rapat Paripurna DPR RI. “APBN tahun 2024 didesain untuk menjawab tantangan saat ini sekaligus di masa yang akan datang, maka kebijakan APBN tahun 2024 diarahkan untuk mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Baca juga:  Pendapatan PD Pasar Beriman Tomohon Naik Lebih dari 100%

Upaya transformasi ekonomi, akan ditempuh melalui dua strategi utama, yaitu strategi jangka pendek dan strategi jangka menengah. Pertama, strategi jangka pendek difokuskan untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem, penurunan prevalensi stunting, pengendalian inflasi, dan peningkatan investasi. Kedua, strategi jangka menengah difokuskan pada 5 agenda sebagai berikut.

Satu, mewujudkan sumber daya manusia unggul yang produktif, inovatif, sejahtera, dan berdaya saing melalui peningkatan kualitas pendidikan dan sistem kesehatan, serta reformasi sistem perlindungan sosial, termasuk penguatan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Dua, akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi, khususnya infrastruktur di bidang energi, pangan, konektivitas, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Tiga, pemantapan implementasi reformasi birokrasi dan simplifikasi regulasi.
Empat, meningkatkan aktivitas ekonomi yang bernilai tambah tinggi, melalui hilirisasi sumber daya alam. -Lima, mendorong pengembangan ekonomi hijau. Dalam kesempatan ini Jokowi juga menyampaikan bahwa, Indonesia telah berhasil mengatasi tantangan besar akibat pandemi.

Baca juga:  Walikota Caroll Senduk Jalin Kerjasama dengan Poltekpar Bali

Presiden juga mengumumkan kenaikan gaji untuk aparatur sipil negara (ASN) atau gaji PNS pusat, daerah, TNI, dan Polri sebesar 8 persen dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024. Tak cuma untuk ASN aktif, Jokowi juga mengusulkan kenaikan dana pensiunnya.
Kenaikan gaji sebesar 8 persen dan kenaikan untuk pensiunan sebesar 12 persen.

Hadir Kajari Tomohon Alfonsius Gebhard Loemau SH MH, Wakapolres Tomohon Kompol Darura Amping, STh., Perwakilan Dandim 1302 Minahasa Kasdim Mayor Inf Vino Onibala, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, para anggota DPRD kota Tomohon,Sekretaris TP PKK Eleonora Lumentut-Sangi, para pejabat eselon dua dan tiga Jajaran Pemkot didalamnya para Camat dan Lurah se Kota Tomohon,para tokoh agama dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *