Hukum Tua Rico Walukow Adakan Posyandu Di Desa Kiawa Dua Barat

by -80 Views

Minahasa, fajarmanado.co.id– Bertempat dirumah Hukum Tua, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Kiawa Dua Barat dan Puskesmas Kiawa gelar Kegiatan Posyandu, Sabtu (10/6/23)

Kumtua Desa Kiawa Dua Barat , Rico Walukow mengatakan “Begitu pentingnya peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur,” ungkapnya.

Lanjutnya, posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak.
“Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Baca juga:  BUPATI KUMENDONG BUKA KEGIATAN GEMILANG 595 MINAHASA

Puskesmas Kiawa di dampingi Kelompok Kerja (Pokja) yakni para Kader melalui Posyandu memberikan pelayanan mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi, menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita, keluarga berencana (KB), dan Imunisasi, kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS.

Tak hanya bayi dan balita para Lansia pun mendapat kesempatan dimana kegiatan tersebut meliputi Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan, Pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, Asam urat maupun kolesterol serta pemberian konseling pada para lansia. Kegiatan tersebut bertujuan agar tercapainya warga desa yang sehat khususnya lansia.

Untuk di ketahui posyandu hanya melayani 1 kali dalam sebulan. Di jadwalkan dari Puskesmas Kiawa . (Rgp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *